;

Translate

Friday, November 30, 2012

Khasiat Bawang Putih Obat Darah Tinggi

Friday, November 30, 2012

Bawang Putih Efektif Sembuhkan Darah Tinggi

Manfaat bawang putih diantaranya dapat mengatasi darah tinggi, kencing manis, kangker, influenza, asma, cacingan, gatal-gatal, batuk, letih. Memang tak sekedar penambah aroma dan rasa masakan untuk membangkitka selera. Keberadaannya dimanfaatkan sebagai panasea berbagai penyakit. Itu sudah diketahui sejak berabad-abad silam. Sebuah papyrus di Meair bertarikh 1500 SM ditemukan berisi 22 khasiat Allium sativum untuk mengobati penyakit. Tak heran Raja Tutankhamun dari Mesir memanfaatkannya untuk stamina dan mencegah penyakit.

Di Roma dan Yunani umbi bawang digunakan sebagai obat lepra dan asma. Sedangkan orang Libanon memanfaatkannya untuk diet. Pada tahun 1858, Louis Pateur ahli mikrobiologi menggunakan kerabat bunga lili itu sebagai desinfektan pembersih luka terbuka serta mencegah gangrene.

Antikolesterol

Khasiat bawang putih dibuktikan secara ilmiah oleh Divisi Kradiologi, California University dan Western Medical Center, Amerika Serikat. Mereka menguji 40 pasien hiperkolesterol berusia 40-75 tahun. Empat minggu sebelumnya seluruh pasien diberikan plasebo, tablet berisi serat biasa sebagai pembanding. Setelah itu mereka diberi asupan ekstrak bawang putih selama 4 minggu dengan disis suplemen yang biasa dikonsumsi pasien.

Khasiat bawang putih dapat mengobati darah tinggi dan kolesterolHasil penelitian menunjukan herbal berbahan bawang putih menurunkan 11% kolesterol, 10% LDL, 34% trigliserida, dan tanpa efek apapun terhadap nilai HDL. Sedangkan plasebo hanya berefek menurunkan LDL dan trigliserida pada 10 pasien.

“bawang putih memiliki zat antipenggumpal darah, sehingga ia berkhasiat antikolesterol”, kata dr Danny Kasim, ahli nutrisi di Jakarta. Hal itu sejalan dengan penelitian Dr Yongxiang Zhang dari University of Tokyo, Jepang. Hasil penelitiannya, bawang putih membantu menurunkan kadar kolesterol karena memiliki ajoene, zat antikolesterol untuk mencegah penggumpalan darah.

Dr Yun-Yan Yeh, ahli nutrisi Penn State University, Kalifornia menyebut tiga grup sulfur pada senyawa bawang putih menghambat 40-60% produksi kolesterol hati tikus yaitu S-ally cysteine, S-ethyl-cysteine dan S-propyl cyteine. Penelitian itu dilanjutkan Yeh pada manusia. Hasilnya menunjukkan penurunan 7% kolesterol darah dan 12% LDL setelah mengkonsumsi kapsul berbahan bawang putih selama 5 bulan.

Banyak khasiat

Bawang putih efektif sembuhkan darah tinggi”, kata  dr Setiawan dalimartha, dokter selagus herbalis di Jajarta. Konsumsi 2 siung bawang putih dipotong halus setiap pagi dan sore selama 2 minggu dapat menurunkan darah tinggi menjadi normal. Menurut alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya itu, manfaat diperoleh karena kandungan asam amino alisin. Alisin bersifat antioksidan penyerap lemak.

Selain penyakit kolesterol tinggi dan hipertensi, peneliti pada Universiti of Texas dan Anderson Cancer Center, Houston, Amerika Serikat mengungkap bahwa kandungan S-allyl cysteine dan dialyl sulfide menghambat 36% kerusakan usus. Diallyl sulfide diklaim sebagai salahsatu penghadang tumor terbaik.

Mereka juga mengungkap bawang putih merangsang poliferasi limfosit yang meningkatkan 25% sel darah putih penanggung jawab system kekebalan. Menurut dr Denny Kasim manfaat bawang putih optimal jika konsumsinya ditunjang dengan menghindari beberapa factor pemicu lain. Konsumsi lemak, pedas, kuning telur, dan gula mesti dibatasi. Sedangkan sayuran dan buah segar diperbanyak. Tak kettinggalan istirahat cukup dan olahraga teratur agar terhindar dari berbagai penyakit.

Cara meramu bawang putih untuk obat

  • Untuk mengobati hipertensi (darah tinggi): cara meramunya, tiga siung bawang putih ditumbuk halus, kemudian hasil tumbukan diperas dan disaring. Air hasil saringan bisa langsung diminum, untuk mendapatkan hasil, lakukan secara ter atur setiap hari.
  • Untuk mengobati asma, batuk, dan masuk angin:  sediakan tiga siung bawang putih, kemudian satu sendok makan madu, dan gula batu secukupnya. cara meramunya, haluskan bawang putih, sesudah halus campurkan bawang dengan bahan yang lainnya dan aduk sampai merata, kalau sudah cukup merata peras menggunakan saringan. Air hasil saringan lebih baik diminum setiap pagi.
  • Untuk obat cacingan, caranya, bawang mentah yang sudah dikupas dan dicuci bisa lagsung dimakan, 2 atau 3 siung.
  • Utuk mengobati luka gigitan serangga, caranya, umbi bawang putih ditumbuk halus, kemudian campurkan sendawa (KNO3) dan garam sampai rata. Selanjutnya campuran tersebut dioleskan pada bagian tubuh yang luka.
Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Trima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 9:49 PM