;

Translate

Monday, February 11, 2013

Cara Menanam Wortel dan Cara Menanam Bayam

Monday, February 11, 2013


1.    Jenis-jenis Bayam
Bayam ada yang dibudidayakan dan ada pula yang tidak dibudidayakan. Bayam yang dapat dibudidayakan adalah bayam cabut atau bayam sekul. Kedua bayam yang dapat dibudidayakan itu ada yang berwarna merah 9bayam merah) dan ada yang hijau keputih-putihan (bayam putih). Selain itu, jenis bayam yang dapat dibudidayakan adalah bayam tahun. Jenis bayam ini ada yang menyebutnya sebagai bayam sekop atau bayam kakap.

Adapun bayam liar dan tidak dibudidayakan ada 2 jenis, yaitu bayam tanah dan bayam berduri. Kedua jenis bayam tersebut enak dimakan walaupun agak keras dan kasar.

2.    Cara Menanam Bayam
Tanaman bayam dapat ditanam di kebun atau di halaman rumah. Ini dikarenakan bayam dapat tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah. Bayam juga dapat tumbuh sepanjang tahun. Jadi, penanaman bayam tidak ditentukan oleh musim.

cara menanam bayam, budidaya bayam


Bayam yang biasa ditanam di halaman rumah adalah jenis bayam tahun. Jika kamu mau menanam bayam njenis ini, waktu  yang baik adalah pada awal musim hujan dan awal musim kemarau.
Bayam dikembangbiakkan dengan bijinya. Untuk memperoleh bibit bayam, kamu harus menyemaikan dahulu benih bayam di persemaian. Biji-biji bayam hendaknya disemai di tempat yang tidak terlalu trsengat panas matahari. Biji-biji bayam disebar dengan hati-hati agar merata dan tidak menumpuk.

Setelah 3-5 hari, biji-biji bayam akan tumbuh. Setelah 2 minggu, setiap pagi kamu dapat menggerak-gerakkan bayammu dengan sapu lidi yang dipegang mendatar. Tujuannya, agar tanaman bayammu menjadi kuat dan cepat tumbuh. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah terbebas dari serangga perusak.

Setelah tinggi bayam mencapai 10 cm, pindahkan ke tempat penanaman. Kemudian, rawatlah bayammu agar tumbuh dengan baik. Jangan lupa, pupuklah bayammu agar tumbuhnya subur. Buang rumput-rumpt yang mengganggu. Setelah 1 bulan, kamu dapat memanen bayammu. Perlu diketahui, bayam memiliki banyak manfaat, antara lain memperbaiki daya kerja ginjal, memperlancar pencernaan, baik untuk masa peryumbuhan, dan untuk obat disentri (akar bayam merah).



Cara Menanam Wortel

1.    Ciri-ciri dan jenis-jenis wortel
Tanaman wortel atau di sebut juga bortel memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a.    Berbentuk rumput,
b.    Akar tunggangnya berupa umbi,
c.    Akar samping sedikit,
d.    Umbinya berbentuk bulat panjang dan langsing,
e.    Warna umbinya kuning kemerah-merahan.

Berdasarkan bentuknya, wortel dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut.
a.    Wortel dengan umbu bulat panjang dengan ujungnya runcing seperti kerucut. Wortel jenis ini disebut imperator. Tipe ini kurang disukai karena rasanya kurang manis.

b.    Wortel dengan umbu bulat panjang dengan ujungnya tumpul. Wortel jenis ini disebut chantenay.

c.    Wortel dengan ujung peralihan antara lain wortel imperator dan chantenay. Wortel jenis ini disebut nantes.

cara menanam wortel, budidaya wortel

2.    Cara Menanam Wortel
Sebelum mengetahui cara menanam wortel, kamu tidak perlu menyemaikan benih wortel terlebih dahulu. Wortel dikembangbiakkan dengan biji. Biji tersebut langsung ditanam. Namun, seperti biasa, sebelum menanam wortel, kamu harus mencangkul tanahnya terlebih dahulu. 

Jika tanah diolah dengan baik, yaitu dengan mancangkulnya sedalam ± 40 cm, umbi wortelmu pasti bagus. Bentuk umbi wortel yang bagus ini biasanya panjang. Setelah dicangkul, tanah yang akan ditanami wortel itu diberi pupuk kandang atau kompos secukupnya. Namun, jika tanahnya subur,  kamu tidak perlu memupukinya. Kemudian, buatlah alur untuk diisi dengan biji wortel.

Agar tidak saling melekat, biji-biji wortel tersebut digosok-gosok terlebih dahulu dengan telapak tangan. Lalu, biji wortel ditaburkan dngan hati-harti di sepanjang alur yang sudah dibuat. Tutuplah alur itu dengan tanah, tipuis saja. Biji wortelmu itu akan tumbuh setelah 10 hari.

Jika bertanam wortel, kamu tidak akan kerepotan merawatnya. Selain member pupuk setelah berumur 1 bulan, untuk pemeliharaannya kamu cukup mencabuti rumput-rumput yang mengganggu tanaman wortelmu.

Setelah 3 bulan, kamu baru dapat menikmati hasil wortelmu. Perlu diketahui, jika lebih dari 3 bulan, kamu tidak segera memanennya, umbi wortel akan menjadi keras.

Manfaat wortel adalah baik untuk orang yang sedang sakit, dapat dijadikan sewbagai minuman segar, dapat dimasak menjadi sayur atau lalapan, dan dapat dijadikan sebagai pelengkap makanan bayi.s

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui google plus [g+] dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


bestbudidayatanaman.blogspot.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Melalui Blog ini "Pecinta Tanaman" tidak menjual produk Tanaman apapun, sekedar berbagi info seputar budidaya tanaman di Indonesia yang seluruh kontennya berasal dari berbagai sumber terpercaya seperti media internet (penyedia feed dalam format RSS, blog, portal dlsb), dan media cetak. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 9:25 AM