;

Translate

Monday, August 27, 2012

Cara Sambung dan Susun Pada Lengkeng

Monday, August 27, 2012

Perbanyak lengkeng dengan cara menyambung dan susun ternyata lebih cepat dalam menghasilkan buah, dengan kurun waktu 3 tahun lengkeng sudah bisa berbuah.

Syarat Pohon Induk

Sebelum melakukan perbanyakan kita harus mencari pohon induk yang benar-benar bermutu tinggi, ciri pohon induk yang baik adalah berbuah lebat, ukuran buah besar-besar, warna kulit kuning cerah, ukuran biji kecil, daging buah tebal dan bening, rasa buah manis dan yang paling penting bisa berbuah setiap tahun.

Proses Penyambungan Harus Cepat

Setelah pohon ditemukan, kita tinggal menanam batang bawahnya. biji disemai pada bedeng pesemaian. Setelah tumbuh dan berumur sekitar 1 minggu, tanaman segera dipindahkan kedalam polibag. Batang bawah siap disambung atau disusunkan sekitar 6-8 bulan kemudian.
Cara, sambung, susun, pada lengkeng, budidaya, budidaya lengkeng

Batang dipilih pucuk tanaman yang sehat, bukan berasal dari tunas air, dan cang tanaman tersebut sudah pernah berbuah. Cara penyambungannya tidak jauh beda dengan tanaman lain, seperti diameter batang atas harus sama dengan diameter batang bawah, panjang batang atas sekitar 10-15 cm.

setelah penyambunga selesai dilakuakan, bibit tersebut segera tempatkan di tempat teduh dan lembap, sekitar tiga minggu kemudian tunas sudah mulai tumbuh. Penyambungan lengkeng harus cepat, karena kambium lengkeng cepat mengering.
 

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 7:56 AM