;

Translate

Sunday, March 8, 2015

Khasiat Dan Manfaat Bunga Kamboja

Sunday, March 8, 2015

Tanaman kamboja memiliki kandunagn senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Hampir semua bagian dari tanaman ini memiliki manfaat. 

manfaat bunga kamboja, bunga kamboja, khasiat bunga kamboja, jenis jenis bunga kamboja, manfaat bunga kamboja kering, khasiat dan manfaat bunga kamboja;

Kandungan kimia pada getah tanaman ini adalah dammar dan asam plumeria. Sedangkan, akar dan daun kamboja mengandung senyawa saponin, flavonoid, polifenol, dan alkaloid. Sementara itu, kulit batang kamboja mengandung flavonoid, alkaloid, dan polifenol.

Di Indonesia, tanaman kamboja belum banyak dimanfaatkan. Orang-orang hanya mengenalnya sebagai tanaman penghias pekuburan. Di Bali, tanaman kamboja dimanfaatkan sebagai tanaman hias, pelengkap upacara keagamaan, serta diyakini memiliki kekuatan penerang jiwa.

Sebenarnya, bunga kamboja termasuk jenis bunga yang dapat dimakan, seperti hal nya bunga papaya dan bunag turi. 

Bunga kamboja juga berkhasiat guna meredakan demam pada anak, menghentikan batuk, melancarkan keluarnya air seni, menghentikan diare karena disentri, mencegah pingsan karena hawa panas, serta menyembuhkan sembelit (jika dikonsumsi dalam jumlah banyak). Berikut adalah beberapa manfaat dari tanaman kamboja.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Kamboja

1.    Manfaat Kamboja untuk Obat sakit gigi

Getah kamboja, denagn dosis yang tepat, dapat berguna sebagai obat sakit gigi atau obat luka. Namun, janagn sampai getah ini terkena mata karena bisa mengakibatkan kebutaan.

2.    Manfaat Kamboja untuk Obat Rematik

Bunga kamboja dapat bermanfaat guna mencegah rematik atau asam urat, yaitu dengan mengolahnya menjadi the. Selain itu, bunga kamboja yang diseduh menjadi the bermanfaat dalam memberikan efek adem, sejuk, dan baik bagi pencernaan. Sehingga, the bunga kamboja sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin bagi seseorang yang menginginkan sehat secara alami.

3.    Manfaat Kamboja untuk Bahan antibiotik

Karena bersifat racun dan bisa mematikan kuman, maka getah kamboja dengan dosis yang tepat dapat dimanfaatkan sebagai antibiotik.

4.    Manfaat Kamboja untuk Mengobati Bisul

Daun bunga kamboja bisa dimanfaatkan sebagai obat bisul. Cara pemakaiannya adalah ambil daun kamboja yang masih muda dan segar, kemudian panaskan di atas api sampai layu,setelahnya, olesi denagn sedikit minyak zaitun. Selagi masih panas, tempelkan daun tersebut pada bisul.

5.    Manfaat Kamboja untuk Mengobati kaki bengkak
Dipercaya bahwa akar dan batang pohon kamboja bisa mangatasi kaki yang bengkak dan tumit pecah-pecah. Caranya adalah rebus akar dan daun kamboja hingga mendidih, diamkan sejenak sampai terasa hangat. Kemudian, gunakan airrebusan tersebut untuk merendam kaki, sebaiknya dilakukan dua kali sehari.

6.    Manfaat kamboja untuk Sebagai obat Frmabusia

Guna mengatasi frambusia, ambilah kulit batang kamboja sebanyak 3 telapak tangan, kemudian cuci dan potong-potong. Selanjutnya, rebus menggunakan air bersih sebanyak 3 liter sampai mendidih. Setelah terasa suam-suam kuku, gunakan air rebusan ini untuk mandi atau berendam.

Cara Budidaya Jamur Tiram
Jamur Tiram Budidaya Jamur


www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 6:51 AM