;

Translate

Thursday, March 26, 2015

Tanaman Jeruk Purut Manfaat Dan Khasiatnya

Thursday, March 26, 2015

Tanaman Jeruk Purut
Jeruk purut banyak ditanam orang di pekarangan rumah atau di kebun kebun sekitaran rumah. Daun jeruk purut merupakan daun majemuk menyirip beranak daun satu.



nama latin atau nama asing jeruk purut : kaffir lime leaf and zest, bai magrut, Kabuyao, Percupin Orange, Citrom Combara.
Nama Sipliasi: Citri Hystricis Folium (daun jeruk purut), Citri Hystricis Pericaipium (kulit buah jeruk purut)

Daun jeruk purut
Daun jeruk purut mengandung tanin 1,8%, stereoid triterpenoid, dan minyak aisiri 1 - 1,5% v/b.
Kulit buah mengadung saponin, tanin 1%, steroid triterpenoid, dan minyak atsiri yang mengadung sitrat.

Tangkai daun sebagian melebar menyerupai anak daun. Helaian anak daun berbentuk bulat telur sampai lonjong, pangkalnya membundar atau tumpul, ujung daun jeruk purut tumpul.

Panjang daun jeruk purut 8-15 cm dan lebarnya 2-6 cm, kedua permukaan daun licin dengan bintik-bintik kecil berwarna jernih.

Sedangkan permukaan bagian atas daun berwarna hijau tua agak mengkilap, dan permukaan bagian bawah daun berwarna hijau muda atau hijau kekuningan, buram, jika diremas baunya harum.

Kemudian bentuk daun hampir menyerupai bentuk bintang dengan warna putih kemerah-merahan atau putih kekuning-kuningan.

Bentu buah jeruk purut
Bentuk buah jeruk purut ini sama seperti bulatnya telur ayam, kulitnya hijau berkerut, ada sedikit benjolan benjolan kecil, dan rasanya asam agak pahit

Jeruk purut sering dipake untuk bumbu masakan , pembuatan kue, atau dibuat manisan. Jeruk purut ini sering dibudidayakan dengan cara cangkok atau menggunaka biji.

Selain sebagai pengobatan, jeruk itu juga sangat bagus dinuat minuman segar, seperti air jeruk hangat, es jeruk, sari buah jeruk dan lain-lain. Saat ini juga  sudah dibuat serbuk dan sari buah jeruk, seperti nutrisari, marimas, dan lain-lain.

Sari buah jeruk kadang-kadang  diberi pewarna alami agar warnanya mirip dengan kulit buah jeruk. Sari buah jeruk adalah sari buah yang diperoleh dengan memeras atau menekan isi buah jeruk. Diminum dibanyak tempat didunia, sari buah jeruk biasanya menjadi bagian makan pagi atau sarapan.

Pengekspor terbesar sari buah jeruk adalah Brasil, diikuti oleh Amerika serikat, terutama Negara bagian Florida. Sari buah jeruk biasanya diekspor dalam bentuk kering dan ditambah air dinegara tujuan. Sari buah yang dikirim dalam bentuk cair disebut dengan istilah “disarikan langsung” (direct juice) oleh produsen yang mengirimnya. 

Di Amerika Serikat dan  Kanada sari buah seperti  ini selalu dicantumi tulisan “Tidak berasal dari Konsentrat” (Not from Concentrate).

Sari buah jeruk segar memiliki rasa buah alami dan sedikit asam, dan mengandung banyak vitamin C (asam askorbat).
Sumber: Bertanam Jeruk, Penerbit: PT. Puri Delco

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.



www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 11:40 AM