;

Translate

Friday, April 10, 2015

Pengolahan Kelapa Sawit Dan Cara Panen Kelapa sawit

Friday, April 10, 2015

Panen dan pengolahan hasil panen kelapa Sawit

Proses Panen Kelapa Sawit
Kelapa sawit biasanya mulai berbuah pada umur 3-4 tahun dan buahnya menjadi masak 5-6 bulan setelah penyerbukan. 

Proses pemasakan buah kelapa sawit dapat dilihat dari penyerbukan warna kulit buahnya, dari hijau pada buah menjadi merah jingga waktu buah telah masak. 

Pada saat itu, kandungan minyak pada daging buahnya telah maksimal. Jika terlalu matang, buah kelapa sawit akan lepas dari tangkai tandannya. Hal ini disebabkan dengan istilah membrondol.

Penen pada tanaman kelapa sawit meliputi pekerjaan memotong pada tandan buah masak, memungut brondolan dan system pengangkutannya dari pohon ke Tempat pengumpulan hasil (THP) serta ke pabrik. 

Dalam pelaksanaan pemanenan, perlu diperhatikan beberapa criteria tertentu sebab tujuan panen kelapa sawit adalah memperoleh produksi yang baik dengan memperoleh produksi yang baik dengan rendeman minyak yang tinggi. 

Karean kualitas minayk sangat dipengaruhi oleh cara pemanenannya, maka criteria penen yang menyangkut matang panen, cara dan alat panen, rotasi dan system panen, serta mutu panen harus diikuti.

Kriteria matang panen
kriteria panen merupakan  indikasi yang dapat membantu pemanen agar memotong buah pada saat yang tepat. Kriteria umum untuk tandan buah yang dapat dipanen yaitu berdasarkan jumlah brondolan yang jatuh. 

Untuk memudahkan pengamatan buah, maka dipakai kriteria berikut:

- Tanaman denagn umur kurang dari 10 tahun jumlah brondolan yang jatuh kurang lebih 10 butir.
- Tanaman denagn umur lebih dari 10 tahun, jumlah  brondolan yang jatuh sekitar 15-20 butir.

Namun, secara praktis digunakan suatu aturan umum yaitu pada setiap 1 kg Tandan Buah Segar (TBS) terdapat daunbrondolan yang jatuh.


Cara panen
Cara pemanenan  buah sangat mempengaruhi jumlah dan mutu minyak yang dihasilkan. Panen  yang tepat mempunyai sasaran untuk mencapai kandungan minyak yang paling maksimal. 

Pemanenan pada keadaan buah lewat matang akan meningkatkan Asam Lemak Bebas atau Free fatty (ALB atau FFA). Hal itu tentu akan banyak merugikan sebab pada buah yang terlalu masak sebagian akndunagn minyaknya berubah menjadi ALB sehingga akan menurunkan mutu minyak. Lagi pula,  buah yang terlalu masak  lebih mudah terserang hama dna penyakit. 

Sebaliknya, pemanenan pada buah yang mentah akan menurunkan kandungan minyak, walaupun ALB nya rendah.

Sebaiknya pemanena dilakukan terhadap semua tandan buah yang telah matang. Berdasarkan tinggi tanaman, ada tiga cara penen yang umum dilakuakan oleh perkebunana kelapa sawit di Indonesia. 

Untuk tanaman yang tingginya 2-5 m digunakan cara panen jongkok denagn alat dodos. Sedangkan tanaman dengan ketinggaj 5-10 m dipanen dengan cara berdiri dan menggunakan alat kampak siam. 

Cara egrek digunakan untuk pemanenan tanaman dengan tinggi diatas 10 m, dengan alat arit bergagang panjang (egrek).

Untuk memudahkan pemanenan, sebaiknya pelepah daun menyangga buah dipotong terlebih dahulu. Pelepah yang telah dipotong kemudian diatur rapi ditengah gawangan. 

Untu mempercepat proses pengeringan serta pembusukan, maka pelepah-pelepah daun sebaiknya dipotong-potong menjadi 2-3 bagian. Tandan buah yang matang dipotong sedekat mungkin dengan pangkalnya, maksimal 2 cm. 

tandan buah yang dipotong diletakkan teratur dipiringan dan brondolan yang jatuh dikumpulkan terpisah dari tandan. Brondolan harus bersih, tidak tercampur tanah atau kotoran lain. Tandan buah dan brondolan kemudian dikumpulkan di TPH.



www.bestbudidayatanaman.com adalah blog personal yang tidak berafiliasi dengan institusi manapun. Blog ini berbagi informasi tentang buku-buku yang membahas budidaya tanaman secara detail dan isi kontennya pun merupakan sinopsis buku-buku tentang tanaman. Hak cipta atas informasi dalam blog ini sepenuhnya milik masing-masing penulis/penerbitnya. Lebih jelas baca di halaman DISCLAIMER

Pecinta Tanaman - 3:34 PM